var popunder = true;

Bingung Mendownload File di Muscitech ? Click Link dibawah!

Rabu, 21 Desember 2011

Cara Merubah tempo di tengah lagu pada Nuendo

Bagaimana Cara Mengubah tempo di tengan tengah lagu di Nuendo 4 ? Breakdown ?
Bagaimana Cara Mengubah tempo di Reff, Intro dan Verse lagu di Nuendo 4 ?
Bagaimana cara menggunakan Tempo Track di Nuendo 4 ?

Yeah Fellas, Ini adalah Pengalaman pribadi saya nih, saya nyari nyari caranya buat mengganti tempo di nuendo tuh susah banget (maklum newbie) hehehe.. Ya saya kan juga Cuma Operator di rumah saya sendiri memakai Alat serba guna kesukaan saya, M AUDIO FAST TRACK mark II dan belum punya perusahaan rekaman (-__-“) .. Saya tanya kesana kemari, cari di google, youtube, gak dapet dapet... dan akhirnya teman saya Wempi mengenalkan saya ke Operator studio Bintang di Cirebon. Bro Dian namanya.. Wah gila dia memang menguasai banget nuendo, malah dia ngajak belajar ProTools sama saya, padahal saya blank sama protools hahahaha.. Dan saya tanya ke Bro Dian.. Bro, Gimana cara merubah tempo di tengah tengah lagu di Nuendo ? Nah inilah jawaban yang saya terima dan saya langsung Praktikan dan 100% BERHASIL !

1.Pertama tama, kalian buka Project nuendo kalian dulu, atau Ctrl + O ... [klik gambar untuk memperbesar]














2.Setelah Project terbuka, maka beginilah tampilan Project kalian, perhatikan pada gambar dibawah, dan lihat tkalian yang dilingkari warna merah.. Itu adalah waktu dimana saya akan mengganti tempo, dan Tempo Project nuendo saya sebelum diutak atik, adalah 170 Bpm..














3.Tekan Tulisan “TEMPO” pada Transport Pannel (F2) yang saya lingkari pada gambar dibawah, maka tempo akan menjadi 120 Bpm dan Berwarna orange, tidak putih lagi..



4.Langkah selanjutnya, Buka Project > Tempo track, atau cara cepatnya adalah tekan CTRL + T, maka kalian akan masuk ke Tempo track seperti gambar dibawah..














5.Lalu kalian akan menemukan titik merah pada angka 120, itu adalah tempo stadard project kalian.. Nah lagu saya kan temponya 170, maka saya pindahkan temponya dari 120 Bpm ke 170 Bpm, seperti gambar diatas tadi... Dan tampilannya akan seperti gambar dibawah














6.Setelah Primary tempo teratur, sekarang kita beralih ke pengubahan tempo pada tengah tengah lagu, misalnya saya akan merubah tempo pada Verse lagu dari 170 (tempo awal) menjadi 135 Bpm...
LANGKAH UTAMA merubah tempo di tengah tengah lagu, Klik gambar Pulpen (draw) pada kiri atas layar kalian.. Lalu pilih waktu dimana kalian akan mengubah tempo lagu kalian, misalnya pada project saya saya klik di Bar ke 20, lalu setelah klik, kalian geser ke tempo yang kalian inginkan, misalnya saya menggeser tempo dari 170 Bpm menjadi 135 Bpm. Saya mengaturnya menjadi 135 Bpm... Lihat gambar dibawah..














7.Selesai, lihat deh project kamu, lihat temponya, apakah berubah pada bar yang kamu ganti tadi temponya ? Hehehe.. Saya yakin semua orang bisa kalau ada niat yang sangat kuat untuk melakukannya..!


Okay fellas, Saya rasa tutorial kali ini dapat terpecahkan, semoga ilmu yang saya miliki ini berguna bagi kalian, tetap berkarya dan Ambil artikel ini untuk dibagikan pada musisi musisi Indonesia, Buat Musisi indonesia menjadi lebih Kreatif dan Innovatif ! Jangan lupa kalo mau kopas cantumkan Sourcenya ya fellas... J See you and Thanks !
Dont forget to follow me and get more good softwares and articles \m/

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews