Computing Cup 2011 merupakan agenda yang baru pertama kali diadakan oleh Program Studi Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom. Sebuah ajang kompetisi antar siswa SMA/SMK yang terdiri dari:
- Seminar "Peranan dan Peluang Ilmu Komputasi Dalam Era Konvergensi"
- Lomba Animasi Pendek
- Lomba Pengembangan Game
- Lomba Ide Aplikasi
- Lomba Aplikasi
- Lomba Bloggin
Lomba Pengembangan Permainan di Computing Cup adalah ajang adu inovasi siswa SMA sederajat tingkat nasional untuk pembuatan perangkat lunak dalam bentuk permainan simulasi (simulation game) bernilai edukasi. Materi simulasi yang dimaksud adalah aplikasi yang mensimulasikan pendidikan/training dalam dunia nyata dalam bentuk permainan yang bernilai edukasi. Misalnya permainan simulai manajemen bisnis, bercocok tanam, lalu lintas, kehidupan perkuliahan, kedokteran, berjualan, dan sebagainya.
Persyaratan Peserta Lomba
Persyaratan peserta Lomba Pengembangan Permainan adalah sebagai berikut:
- Peserta adalah tim lomba yang merupakan sekelompok siswa tingkat SMA sederajat yang terdiri dari ketua dan anggota.
- Jumlah anggota dan ketua tim sebanyak maksismal 3 orang.
Persyaratan Karya Yang Dilombakan
Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Aplikasi meliputi kententuan-ketentuan sebagai berikut:
- Karya perangkat lunak harus berbentuk aplikasi permainan simulai (simulation game). Simulasi yang dibuat lebih disarankan sesuai kenyataan, disiplin ilmu atau peraturan yang ada.
- Perangkat lunak yang dikembangkan adalah perangkat lunak desktop, mobile, atau web, yang dapat berjalan pada platform yang disebutkan dalam proposal.
- Karya dan Ide permainan yang dikembangkan adalah asli dari peserta, atau salah satu peserta. Seluruh proses pembangunan permainan, dari pembangunan proposal hingga final dilakukan oleh peserta dibuktikan dengan presentasi saat final, serta surat pernyataan keaslian ide dan hasil. Jika di kemudian hari ada pihak yang menuntut atas ide permainan yang dilombakan, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut oleh panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.
- Karya perangkat lunak yang diikutsertakan dalam lomba ini belum pernah memenangkan kejuaraan (juara I, II, atau III) pada lomba sejenis di tingkat nasional dan/atau internasional. Peserta diwajibkan mengisi surat pernyataan atas syarat ini, dan apabila di kemudian hari ditemukan perangkat lunak yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan ini, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut oleh panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panita.
PERSYARATAN PENDAFTARAN LOMBA
Pengiriman Proposal
Pengiriman proposal dan data peserta meliputi nama tim,asal sekolah,data 1 ketua tim,2 orang anggota,dan 1 orang guru pembimbing yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober - 24 November 2011 dengan di upload dihttp://computingcup.ittelkom.ac.id
Proposal yang dikirimkan harus mencantumkan poin:
Pengiriman Proposal
Pengiriman proposal dan data peserta meliputi nama tim,asal sekolah,data 1 ketua tim,2 orang anggota,dan 1 orang guru pembimbing yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober - 24 November 2011 dengan di upload dihttp://computingcup.ittelkom.ac.id
Proposal yang dikirimkan harus mencantumkan poin:
- Nama perangkat lunak/game yang dibangun.
- Nama dan anggota kelompok ,serta asal sekolah.
- Abstrak.
- Skenario dan tujuan.
- Target pengguna,meliputi jenis kelamin,usia,pendidikan dan aspek lain.
- Deskripsi teknologi yang digunakan,(bahasa pemrograman,game engine,sistem operasi,teknologi jaringan,dan sebagainya).
- Game play,cara pemakaian dan rancangan level.
2. Pengiriman Prototype
Prototype diupload di http://computingcup.ittelkom.ac.id antara tanggal 10 Oktober-24 November 2011dengan mencantumkan:
- Berkas instalasi dan berkas dependensi yang disatukan ke ZIP.
- Installer game atau file executable yang siap dijalankan.
- Petunjuk Instalasi,dan petunjuk pemakaiannya.
- disertakan video demo/trailer dari hasil running game.
KRETERIA PENILAIAN
- Tahap penilaian dan pengumuman keaslian dan kelayakan ide proposal antara lain:
- Keaslian ide.
- Kejelasan aturan permainan/gameplay,desaind skenario
- Tingkat edukasi
2. Tahap penilaian prototype :
- Kesesuaian proposal dan prototype
- Runnable game.
- screenshot dan video trailer
- kelengkapan data
3. tahap penilaian final
- Presentasi,poster
- Keaslian ide skenario dan tingkat alamiah permainan
- Tingkat edukasi
- Tingkat kemudahan:mudah dijalankan/instalasi,mudah digunakan,dan mudah dimengerti.
- Tingkat kemenarikan:musik/sound effect,grafis,3D.
- Tingkat tantangan permainan:level design,multiplayer
Biaya Pendaftaran
Rp. 150.000,- / tim
Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui rekening Institut teknologi telkom
Bank Mandiri dengan nomor rekening:1310092021338
Babak Final
- Tim peserta yang lolos ke babak final akan diundang untuk melakukan presentasi pleno.
- Grand final akan diadakan di Institut Teknologi Telkom Bandung
- Tim peserta melakukan presentasi dihadapan juri sebanyak 3 orang.
- Grand final akan menghasilkan pemenang juara I,II,II,harapan I,dan harapan II yang akan mendapatkan hadiah utama.
Tanggal Penting
Tahap Lomba | Waktu |
Pendaftaran Online | 10 Oktober - 24 November 2011 |
Pengiriman Proposal dan Protoripe jadi Game | 10 Oktober - 24 November 2011 |
Pengumuman Finalis (Top 5) | 25 - 26 November 2011 |
Validasi Kehadiran Final | 27 November - 2 Desember 2011 |
Babak Final | 4 Desember 2011 |