var popunder = true;

Bingung Mendownload File di Muscitech ? Click Link dibawah!

Jumat, 21 Oktober 2011

IT dan Globalisasi, Teknologi yang terus Berkembang

IT ? , benar.. Information and Technology... Di era globalisasi ini siapa yang tidak mendapat kemajuan teknologi ? hanya masyarakat pedalaman saja lah yang konstan di tempat tanpa kemajuan teknologi. Apakah kita termasuk yang sedemikian rupa ? Tentu tidak. Anda melihat artikel pada Internet di PC anda itu merupakan salah satu kemajuan teknologi di era globalisasi ini.

Menurut Saya, Teknologi adalah suatu media yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memperefisienkan, atau mempermudahkan  kita dalam mengendalikan suatu masalah, baik secara langsung ataupun tak langsung. Sebenarnya kemajuan teknologi sudah sejak dahulu kala terjadi, saat Albert Einstein menemukan penemuan-penemuan gila yang ternyata sekarang kita gunakan sehari hari, lalu saat Michael Faraday merancang suatu teknologi scientific mengenai kelistrikan dan magnet, sehingga terciptalah Dinamo, yang sekarang kita gunakan pada alat-alat elektronik dan bermesin yang kita miliki sekarang. Dan Charles Babbage lah yang pertama kalinya menemukan sebuah ide yang cemerlang, sebuah mesin penghitung astronomis dan matematis yang ternyata menarik dan imaginatif serta dapat terkembangkan hingga terbentuklah sebuah Komputer (mesin penghitung digital). Itu semua telah terjadi pada abad 15 bahkan mungkin sudah ada penemuan sebelum abad tersebut, namun tidak teridentifikasi oleh sebagian manusia. Luar biasa.

Kemajuan teknologi pun tak hanya dalam bidang jaringan dan permesinan saja. Bahkan akhir akhir ini telah ditemukan sebuah teknologi bernama Nanotechnology. Apa itu Nanotechnology ? Nanoteknologi, atau Nanotech, adalah studi dan desain mesin pada tingkat molekul dan atom. Untuk dipertimbangkan nanoteknologi, struktur ini harus di mana saja dari 1 sampai 100 nanometer dalam ukuran. Nanometer setara dengan satu miliar meter biasa, yang berarti bahwa struktur ini sangat kecil. Teknologi tersebut ditemukan dan dikembangkan oleh K. Erik Drexler pada tahun 1980an.(sumber:nanotechnology.com). Itu adalah salah satu dari ribuan bahkan Jutaan teknologi yang telah terlihat oleh mata kepala kita sendiri. Dengan demikian, kemajuan teknologi mencakup dalam hal luas. Kalian mungkin pernah melihat di sebuah media tentang Mobil yang bisa berjalan diatas air, Komputer yang hanya tertampilkan sebuah layar transparan saja dan kita hanya tinggal menekannya sambil tiduran, bahkan berjalan. Anda bisa melihat teknologi tersebut dalam sebuah Movie yang berjudul "Gamer", banyak sekali teknologi teknologi mutahir yang terdapat pada movie tersebut, dan masih banyak lagi contoh-contoh Kemajuan teknologi lainnya, Mobil Aston Martin yang memiliki senjata otomatis yang digunakan memakai sensor pada movie James Bond 007, pengeditan pengeditan super imajinatif dan luar biasa yang ada pada movie Avatar, Inception, The Matrix, dan lainnya. Sungguh luar biasa kemajuan teknologi era globalisasi ini.


Tak bisa dipungkiri oleh semua warga negara, terutama Indonesia Tercinta ini. Teknologi di Indonesia sudah cukup berkembang, tetapi mungkin sebagian hanya sebuah terapan berupa alat/gadget saja yang sudah berkembang. Namun ilmuan di Indonesia sangat minim, dan mungkin kurang di akui oleh masyarakat luas. Hal ini terbukti pada kita semua, kita ambil contoh, apa alat yang sehari hari kita gunakan untuk berinteraksi jarak jauh ? Apa alat yang kita gunakan untuk mengambil suatu momen atau pemandangan yang ingin kita abadikan ? Apa yang kalian lihat di depan mata kalian sekarang ? Ya... Itu semua adalah kemajuan teknologi yang berkembang pesat hingga saat ini. Kita harus memperluas wawasan kita, agar tidak termakan oleh zaman.

Cellphone/Handphone. Siapa yang tak kenal barang tersebut ? Saya rasa anda anda semua tak aneh dengan teknologi tersebut. Bahkan Saya lihat anak-anak sekolah dasar sudah memegang gadget tersebut di sekolahnya dan saling memperlihatkan satu sama lain. Warga Indonesia sudah dimanjakan dengan teknologi, seperti PlayStation, iPad, Blackberry Playbook, XBOX, Wii, dan masih banyak lainnya. Sebagian orang mungkin memiliki respon positif, namun tak sedikit pula orang yang merespon sebaliknya pada kemajuan teknologi ini. Mengapa demikian ? Ya, karena teknologi Era Globalisasi ini mencakup seluruh isi Dunia. Tak hayal bagi seorang anak Sekolah Dasar pun mengenal tentang bahasa-bahasa orang dewasa, karena mereka memiliki alat berteknologi yang dapat menjelajahi segalanya.

Saya, kami, kita semua berharap positif terhadap kemajuan teknologi pada era globalisasi ini. Kita seharusnya  mempelajari dan meneliti teknologi, memanfaatkan untuk kebaikan, bukan hanya menikmati saja. mengapa di luar sana teknologi lebih maju daripada disini ? Jawabannya adalah, Karena kita hanya menikmati dan termanjakan oleh teknologi milik orang luar saja. Terkadang kita tak menyadari, bahwa sesuatu yang kita beli itu ternyata memiliki sebuah asal usul. Kita hanya membeli dan memakainya saja, tak peduli bagaimana cara orang yang menciptakan tersebut merencanakannya dan dapat kita gunakan sekarang.

2011, Bangkitkanlah semangat kalian! Jangan mau tertinggal! Kita harus tunjukkan pada dunia, Indonesia bukan hanya Negara yang konsumtif, namun kita juga Produktif. Kembangkanlah ilmu kalian, jangan mudah putus asa, teknologi ada pada tangan kalian. Tuhan menciptakan kita dengan Otak Cerdas yang kita miliki, so, Don't ever fall when you think you wrong, keep your imagination fly away and don't thinking about other peoples say. Just Go with your imagination !

Nah, IT Telkom sekarang sedang mengadakan lomba blogging nih teman, kapan lagi kamu tuangkan imajinasimu yang inspiratif dan bermanfaat ? Jangan takut, ciptakan karyamu, dan daftar ke http://computingcup.ittelkom.ac.id

Computing Cup 2011

Gunakanlah kesempatan sebaik mungkin, karena kesempatan tidak datang dua kali teman. Dan, menang atau kalah, gunakanlah itu semua sebagai pengalaman kalian ;) Semangat! Good luck ya!

Yutsi - SMA Negeri 1 Cirebon

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews